Famitsu
CEO SIE Jim Ryan Mengonfirmasi PS5 Tidak Akan Kompatibel dengan Game PS1-3 1

CEO SIE Jim Ryan Mengonfirmasi PS5 Tidak Akan Kompatibel Dengan Game PS1-3

CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan telah mengonfirmasi dalam sebuah wawancara dengan Famitsu bahwa konsol PlayStation 5 tidak akan memiliki kompatibilitas untuk konsol game PlayStation 1, PlayStation 2, dan PlayStation 3. Dia telah mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post bahwa "99 persen" dari game PlayStation 4 akan kompatibel dengan PS5 mendatang.

CEO tersebut menyatakan bahwa Sony menilai PS4 saat ini memiliki 100 juta pemain, dan sedang mengarahkan sumber daya untuk menambah kompatibilitas dari game PS4 ke PS5. Dia menambahkan bahwa Sony juga harus mencurahkan sumber daya untuk mengembangkan SSD berkecepatan tinggi dan pengontrol DualSense, dan sebagai hasilnya perusahaan tidak dapat menambahkan kompatibilitas untuk tiga generasi konsol sebelumnya ke PS5.

Dalam berita serupa, akun resmi PlayStation UK meminta maaf atas peluncuran pre-order PS5, menyatakan peluncuran "mungkin bisa jauh lebih lancar." Sony mengatakan akan merilis lebih banyak konsol PS5 untuk pre-order selama beberapa hari ke depan, dan akan membuat lebih banyak PS5 tersedia hingga akhir 2020.

Konsol PS5 juga akan mendapatkan Koleksi PlayStation Plus untuk pelanggan PlayStation Plus. Koleksinya akan mencakup game PlayStation 4 yang akan tersedia untuk pelanggan, dengan 18 judul tersedia secara langsung saat peluncuran. Gim-gim tersebut termasuk Bloodborne, Monster Hunter World, Final Fantasy XV, The Last Guardian, Persona 5, dan Resident Evil VII: biohazard.

Arsitek Sistem Utama PS5 Mark Cerny menyatakan selama presentasi siaran langsung "Jalan Menuju PS5" pada 18 Maret bahwa "hampir semua" judul PS4 akan dapat dimainkan di PS5 saat diluncurkan. Perusahaan mengharapkan bahwa 100 judul PS4 teratas berdasarkan peringkat waktu bermain akan dapat dimainkan. Sony juga sebelumnya mengumumkan bahwa "sebagian besar" dari lebih dari 4.000 judul PS4 akan dapat dimainkan di PS5. Perusahaan mengklaim bahwa judul mundur yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang meningkat pada PS5, yang dapat menghasilkan frame rate yang lebih tinggi atau lebih stabil dan resolusi yang lebih tinggi. Perusahaan telah mengevaluasi dan menguji ratusan game untuk masalah yang memerlukan penyesuaian, dan berencana untuk menguji ribuan lainnya sebelum peluncuran konsol.

Baca:  SNK Merilis Game Blade Terakhir untuk Switch

PS5 akan diluncurkan pada 12 November di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Konsol ini akan diluncurkan di belahan dunia lain pada 19 November. PS5 akan dijual seharga US $ 499,99, dan PS5 Digital Edition (yang tidak termasuk slot disk) akan dijual seharga US $ 399,99.

Sumber: ANN